Monthly Archives: March 2012

Simple recipe – Mie rebus Jawa

Mencoba resep andalan Ibu saya untuk mie godog Jawa, hehehe.. semoga berhasil nih ;), tapi fotonya ini waktu saya lagi coba buat versi seafood nya .. ga papalah di buat beda2 sesuai dengan isi kulkas ūüėÄ

Bahan dan bumbu :

Mie Kuning Telur

Ayam bagian dada atau sesukanya, saya biasanya cakar, sayap, dan dada – direbus semua untuk kaldunya

Udang (versi seafood) – sebagai alternatif saja

Bakso Ikan (versi seafood) – sebagai alternatif saja

Sawi hijau

Daun kol

Bawang putih 3- 5 siung keprek

Daun bawang iris agak tebal

Merica

Kemiri 2 buah ( dibakar atau di sangrai supaya keluar aromanya) lalu di tumbuk bersama merica dan garam

Tomat 1- 2buah

Garam dan gula

Gula

Cara membuat :

Rebus ayam dengan air kurang lebih 1 – 1 1/2 liter sampai mendidih, sisihkan

Tumis bawang putih  daun bawang dan tumbukan kemiri sampai harum , udang dan bakso ikan (alternatif)  dan masukan air kaldu sedikit demi sedikit sesuai selera untuk kuah mie nya, garam secukupnya dan sedikit gula, biarkan sampai mendidih masukan sayuran sampai setengah matang dan tomatnya .

Untuk penyajian :

Mie kuning di siram air panas, tiriskan. Masukuan si mie kuning ke dalam bumbu kuahnya direbus sampai mendidih dan keempukan yang diinginkan, angkat. Hidangkan dalam mangkuk.

Keluarga saya sukanya ayam di sajikan dalam bentuk potongan utuh (seperti cakar, sayap) tapi Suami sukanya daging disuwir2 tipis .

 

Selamat mencoba

 

Advertisements

Simple Recipe – Bubur Ayam

Gue termasuk penggemar berat Bubur Ayam.. Tapi Suami tercinta sukanya Bubur Ayam ala Barito (yang polos ga ada kuahnya, dengan topping buanyak) .. Nah untuk menyenangkan hatinya, di cobalah resep ala sendiri ini.. enough talking Indah, lets writing :p

 

BUBUR AYAM ala Barito

Bahan dan bumbu  :

untuk bubur nya

Beras  2 cup  (cuci bersih , direndam kurang lebih sejam)

Ayam 1/2 ekor – rebus

daun salam 2 lembar

garam 1/2 sdt

 

Untuk topping nya

Seledri

Bawang goreng

Cakwe

Ayam suir ( ayam yang tadi di rebus untuk kaldu bubur, digoreng setengah matang dan disuir/dipotong kecil)

Cheese stik

bahan kecil yang asin namanya  apa lupa, kucai ya  (ga mesti si, karena bubur udah gurih dan ada kecap asin untuk rasa asinnya)

Kecap asin

Kecap Manis

Kerupuk ( apa aja yang ada dirumah)

Sambalnya :

Karena suka dengan sambal gampang dan pedes,. Jadi,potong cabe rawit merah taro di piring kecil campur dengan kecap asin..

Cara membuat :

Bubur nya :

Beras dengan air rendamannya di rebus dengan kaldu ayam,daun salam dan garam.Aduk perlahan dengan api kecil sampai mendidih dan lembut, matikan ..

Penyajian :

Taro bubur dalam mangkuk sesuai selera, lalu topingnya deh ūüôā

Selamat mencoba

 

* Gambarnya kurang jelas, karena memotret apa adanya di malam hari dengan HP hehe

 

Tagged

Simple recipe – Mie Bakso homemade

Image

Lapar Saat Hujan, Belum masak, buka kulkas, eh ada nih bahan2 buat mie bakso dadakan …

 

Bahan2 :

Image

Tahu putih

Bakso Urat

Sawi hijau

Sawi Putih

Mie telor

Bihun

Bumbu :

Bawang putih

Daun bawang

Sedikiiit bawang merah

Daun bawang

Garam

Merica

Kaldu ( kalau ada, biasa nge stok kaldu untuk Barra)

 

Cara pembuatan :

Panaskan minyak, masukan bawang putih dan bawang merah,daun bawang  tumis sampai harum

Masukan kaldu , garam , merica, minyak ikan, tahu putih dan bakso uratnya, biarkan sampai mendidi, matikan.

Untuk mie dan bihunnya, di siram air panas supaya sudah setengah matang sebelum di campurkan kuahnya.

Cara penyajian :

Susun mie dan bihun di dalam mangkok, masukan kuah beserta isinya yang sudah di masak tadi.

Tagged

Simple recipe – Pho ala Indah

Image

Ide awal mencoba resep dari master class di junior masterchef aus , dan sedikit dikembangkan sendiri hehe…

 

Bahan :

Kwetiau basah

Taoge

Wortel

Dagig iris ( daging sengkel)

Ayam ( kampung atau negeri) dada atau ceker sayap untuk kaldunya

Daun bawang

Cabe

Pelengkap* :

Taoge
WOrtel

Jamur enoki

Daging iris ( bagian apa aja, tergantung stok di rumah, kl aku sengkel)

Oseng bawang Bombay (dikiiit aja) masukan daging iris sampai wangi dan matang, masukan air tunggu sampe mendidih, masak wortel sampai setengah matang, lalu masukin taoge masak sebentar , baru terakhir masukin jamurnya , masak 2 menit, angkat

Untuk kaldunya :

Rebus ayam dengan bawang Bombay, daun salam,seledri, jahe,  wortel, merica butiran/ bubuk .rebus kurleb 45 menit (dengan api kecil sedang) , angkat saring

Untuk kuahnya :

Air kaldu yang tadi udah disaring direbus lagi sambil dimasukin potongan jahe, cabe merah,seledri ( atau akar daun ketumbar), kecap ikan, kecap manis , kecap asin, air jeruk nipis. Rebus sampai mendidih dan wangi

 

Penyajian :

Kwetiau basah (yang sudah direndem air anget sebentar), ditaro di mangkok bersama pelengkap yang sudah di oseng * ditambah cabe merah/rawit, daun bawang, seledri, irisan daging, disiram deh kuah nya..

 

Tagged

Simple Recipe- Mie ayam jamur

 

Image

Bahan :

Mie khusus mie ayam (biasanya ada di supermaket)

Jamur merang/kancing/champignon

Sawi hijau

Dagiin ayam (bisa fillet, bisa bagian dadanya)

 

Bumbu :

Kecap ikan

Kecap asin

Kecap manis

Merica

Bawang putih

Daun bawang

 

Cara membuat :

Toping ayamnya :

Oseng bawang putih cincang sampai wangi, masukan potongan ayam, merica bubuk, kecap ikan , dan kecap asin. Masak sampai ayam matang. Setelah ayam matang, masukan jamur, masak di api kecil sampai meresap, matikan.

Penyajian :

Untuk mienya, rebus air sampai mendidih masukan mie sekitar 2-3 menit, angkat, tiriskan

Untuk sawi hijaunya, kurleb sama dengan mie, didihkan air, masukan sawi 1 menitan, angkat. Jangan terlalu lama biar krenyes dang a pahit.

 

Penyajian akhir :

Masukan dalam mangkok kecap ikan, kecap asin, kecap  manis,merica bubuk sesuai selera , campur dengan mie , toping  dan sawi hijau.

 

 

 

Tagged

Hello world!

Welcome to WordPress.com. After you read this, you should delete and write your own post, with a new title above. Or hit Add New on the left (of the admin dashboard) to start a fresh post.

Here are some suggestions for your first post.

  1. You can find new ideas for what to blog about by reading the Daily Post.
  2. Add PressThis to your browser. It creates a new blog post for you about any interesting  page you read on the web.
  3. Make some changes to this page, and then hit preview on the right. You can always preview any post or edit it before you share it to the world.